TARUNA KORPS SUPLAI TK IV MAGANG DI KRI KI HAJAR DEWANTARA 364

Blogger Copaz | Sebanyak tujuh Taruna Korps Suplai Akademi Angkatan Laut tingkat IV melaksanakan latihan dan praktek (Lattek) perwismaan, pemberkasan dan kesekretariatan, serta pergudangan di Kapal Perang RI (KRI) Ki Hajar Dewantara-364, Senin (3/3/2014).

Dalam Lattek yang akan berlangsung selama 1 bulan dari tanggal 17 Februari hingga 14 Maret ini antara lain
mempraktekkan pelajaran dan teori yang telah diterima taruna di kelas, khususnya pengetahuan hygiene dan sanitasi makanan, gizi, penyimpanan makanan (store keeper), pengetahuan bahan, pengelolaan menu makanan dan tata cara menghidangkan makanan dan minuman khas Indonesia dan Internasional.  
Diharapkan dengan penguasaan teori serta pengalaman praktek tersebut, akan menambah kemampuan para taruna korps suplai nantinya mampu melaksanakan tugas sebagai perwira suplai dan asisten kepala departemen logistik di KRI. Sedangkan sasarannya adalah selesai melaksanakan kegiatan ini mereka dapat memiliki pengetahuan dengan mampu menjelaskan, melaksanakan serta mengawasi hygiene dan sanitasi makanan dalam kehidupan sehari-hari, mengawasi kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan yang akan dimasak, dan menguasai pengetahuan tentang tata cara menghidangkan makanan dan minuman khas Indonesia atau Internasional, serta tata cara jamuan (table manners), ujar Kepala Departemen Suplai Kolonel Laut (S) Poedji Santoso menjelaskan.  

Pengalaman nyata selama magang di kapal perang (KRI) yang saat ini sedang dilaksanakan oleh taruna korps suplai adalah salah satu tolok ukur profesionalitas korps yang merupakan bekal dasar dalam menghadapi tugas-tugas mendatang. Kemahiran menguasai bidang perwismaan merupakan protokoler angkatan laut yang resmi digunakan saat ini, dan akan terus berkembang seiring trend nasional dan internasional menyangkut kebiasaan, norma, dan etika protokoler kemiliteran. Setelah lulus menjadi perwira korps suplai, mereka harus memahami tugas-tugas perwira keuangan, perbekalan dan logistik, kesekretariatan dan administrasi personel serta memiliki kemampuan disiplin ilmu ekonomi dan manajemen yang cukup untuk dikembangkan selanjutnya, tandas Gubernur AAL Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, SE.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar