EMPAT PILAR KEBANGSAAN SEBAGAI DASAR KEKUATAN BANGSA

Kodam XVI/Pattimura | Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Winston P. Simanjuntak memberikan kuliah umum tentang empat pilar kebangsaan kepada para mahasiswa se-Kota Ternate bertempat di Aula Bank Indonesia (BI) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Kamis (04/07).
Sebagai moderator dalam acara tersebut adalah Bapak Ismet Alkatiri. Dalam isi materi kuliahnya Kasdam menyampaikan bahwa perwujudan Empat PilarKebangsaan Indonesia yang menjadi dasar kekuatan bangsa Indonesia saat ini dirasakan harus segera
diimplementasikan kedalam perwujudan yang lebih kongrit dan nyata, seperti halnya di dalam membangun rumah dibutuhkan/diperlukan 4 Pilar penyangga guna menjadikan bangunan tersebut menjadi kuat/kokoh.  Itulah persepsi tentang 4 Pilar Kebangsaan, yang terdiri Pancasila untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,UUD 1945 untuk dilaksanakan dengan baik sehingga tercipta keadilan dalam masyarakat dan kesamaan kedudukan di depan hukum, Bhinneka Tunggal Ika yang menjiwai kehidupan masyarakat sehingga tercipta kerukunan dan toleransi serta NKRIyang harus diperjuangkan agar berdaulat, utuh dan selamat.
Terlihat para Mahasiswa tersebut sangat antusias dalam mengikuti kuliah tentang 4 pilar kebangsaan yang dibawakan oleh Kasdam. Selesai memberikan materi kuliah, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa kepada Kasdam. Selain itu, juga dilakukan wawancara dari para awak media baik cetak maupun elektronik wilayah Maluku Utara kepada Kasdam XVI/Pattimura yang didampingi Aster Kolonel Inf Gabriel Lema dan Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Inf Kus Haryono.
Hadir dalam kesempatan tersebut Kasrem 152/Babullah, Kepala Bank Indonesia Maluku Utara, Perwakilan Polda Malut dan para Pembantu Rektor. (Pendam16).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar